Wakil dari Selandia Baru dan Korea menjadi Pemenang Kompetisi Fuelwatch 2017

Johnny Baxter dari Selandia Baru menjadi pemenang kategori on-road tahun ini. Sedangkan Taehun Kim dari Korea dinobatkan menjadi pengemudi paling hemat bahan bakar di kategori off-road. Kombinasi penghematan bahan bakar dari setiap pemenang di masing-masing kategori tercatat lebih dari 15%. Hal ini menunjukkan peran penting yang dapat pengemudi lakukan untuk melakukan penghematan dan mengurangi jejak karbon.

Pemenang kategori on-road dan off-road

21 September 2017 - Gothenburg Kompetisi tahunan Fuelwatch tahun ini yang diselenggarakan di Gothenburg, Swedia sekali lagi menguji dan memberikan penghargaan kepada beberapa pengemudi terbaik di dunia dalam kompetisi adu irit bahan bakar. Kontestan yang berasal dari lebih dari 13 negara mengemudikan truk FH atau truk FMX pada jalur tertentu. Di kategori on-road, Johnny Baxter dari Selandia Baru muncul menjadi pemenang, sementara Taehun Kim dari Korea dinobatkan menjadi pemenang di kategori off-road.

Acara yang berlangsung selama dua hari ini diawali dengan sesi teknik mengemudi, merupakan kompetisi terakhir bagi para juara nasional dari kompetisi Fuelwatch di masing-masing negara yang telah berlangsung sepanjang tahun. Lebih dari 4,270 pengemudi berpartisipasi dalam kompetisi loka tahun ini.

Performa dari 11 peserta di kategori on-road dan 7 peserta di kategori off-road diukur menggunakan Dynafleet, sistem informasi transportasi Volvo Trucks secara online. Perangkat Dynafleet memantau konsumsi bahan bakar secara real time dan digunakan untuk mengumpulkan informasi secara akurat mengenai kinerja masing-masing pengemudi.

Dibutuhkan lebih dari sekedar mengemudi

Diperkenalkan oleh Volvo Trucks, kompetisi Fuelwatch merupakan inisiatif yang mengedepankan pengemudi. Lebih dari sebuah kompetisi, kompetisi Fuelwatch merupakan bukti bahwa ketrampilan mengemudi dapat berdampak langsung pada keselamatan, konsumsi bahan bakar, profitabilitas, dan jejak karbon. Hasilnya adalah sebuah peluang untuk pengembangan pengemudi, perubahan dan kemajuan yang semakin terbuka bagi pengemudi, operator pengangkutan dan masyarakat secara keseluruhan.

Fokus pada Pengemudi

Pemenang kategori on-road, Johnny Baxter membukukan konsumsi bahan bakar yang lebih irit 10,1% dibandingkan dengan dua runner-up lainnya. Di kategori off-road, Taehun Kim meraih trofi utama dengan prestasi membanggakan dengan konsumsi bahan bakar yang lebih irit sekitar 4% dari pengemudi di peringkat kedua.

Johnny Baxter, yang merupakan pengemudi termuda yang berpartisipasi dalam kompetisi ini dalam usia 27 tahun mengatakan, "Rasanya sangat luar biasa berada di sini malam ini dan mendapatkan hadiah utama dalam sebuah kompetisi yang terdiri dari beberapa pengemudi terbaik di dunia". Mengomentari mengenai perasaan menjadi pemenang, Taehun Kim mengatakan "Memberikan yang terbaik setiap hari dan mengasah ketrampilan yang tepat dari waktu ke waktu adalah kunci untuk menjadi pemenang dalam kompetisi ini".

Diaplikasikan ke dalam konteks kehidupan nyata, margin dari kompetisi ini menawarkan potensi penghematan biaya yang signifikan. Sebagai contoh, selama operasi pengangkutan jarak sejauh rata-rata 150,000 kilometer, marjin efisiensi bahan bakar di jalan dapat menghemat 5,000 liter bahan bakar per truk setiap tahunnya.

Merefleksikan prestasi dari para pemenang, Heléne Mellquist, Senior Vice President Volvo Trucks International, mengatakan "Performa yang telah kita saksikan selama kompetisi Fuelwatch tahun ini telah menegaskan kembali keyakinan kami bahwa peran dari seorang pengemudi yang terampil sangat penting bagi keuntungan bisnis yang lebih baik dan mengurangi dampak terhadap lingkungan.

Di Volvo Trucks, komitmen terbesar kami adalah untuk mendorong kemajuan bagi pelanggan, industri dan masyarakat secara keseluruhan. Pengemudi, tanpa diragukan lagi, merupakan bagian tak terpisahkan dari komitmen ini. Kami akan terus membantu mereka untuk unggul dalam profesinya dan mendapatkan hasil yang maksimal dari truk kami."

Selain meraih gelar bergengsi, kedua pemenang juga akan mendapatkan pengalaman perjalanan ekslusif ke salah satu perhentian dari Volvo Ocean Race.