Truk

Volvo Trucks dan Koki Selebriti Marcus Samuelsson Bekerja Sama untuk Mengurangi Emisi dari Transportasi Bahan Makanan

Volvo Trucks menjalin kolaborasi dengan koki kelas dunia Marcus Samuelsson dalam sebuah kampanye baru. Tantangannya? Menyiapkan hidangan gourmet dengan bahan-bahan yang diangkut menggunakan truk tanpa emisi buang atau dengan emisi seminimal mungkin. Truk listrik memainkan peran kunci dalam inisiatif ini, yang bertujuan untuk menginspirasi pelaku industri makanan dan minuman agar beralih ke pilihan transportasi yang lebih berkelanjutan.

Dekarbonisasi industri transportasi terus berlangsung, dan truk listrik bertenaga baterai menjadi salah satu solusi untuk mencapai emisi nol pada knalpot. Dalam industri makanan dan minuman, transportasi menyumbang 19%* dari total emisi.

 

Volvo Trucks menggandeng Marcus Samuelsson — koki ternama yang berada di balik sejumlah restoran internasional — untuk menunjukkan bahwa emisi buang dari transportasi jalan dapat dihilangkan atau dikurangi secara signifikan dalam rantai pasok industri makanan dan minuman.

 

Marcus Samuelsson menantang dirinya sendiri untuk menyiapkan hidangan gourmet dengan seluruh bahan makanan yang diantar ke dapurnya menggunakan truk listrik atau truk yang menggunakan bahan bakar terbarukan seperti biogas atau biodiesel.

“Ini adalah jamuan makan malam pertama yang seperti ini, dan saya sangat antusias menjadi bagian darinya. Dalam proyek ini, saya harus menganggap transportasi sebagai salah satu bahan makanan — ini adalah tokoh utama! Itu sebabnya saya sangat menyukai tantangan ini. Karena jika kita bisa melakukan ini, industri akan terdorong untuk maju. Harapannya, suatu hari nanti, setiap koki akan menuliskan di menu bagaimana makanan itu diangkut ke restoran, dan hal itu akan menjadi standar baru dalam hal kualitas,” ujar Marcus Samuelsson.

 

Menu yang disajikan termasuk ikan cod panggang miso, kubis, udang air tawar, salad mentimun, dan anggur Riesling dari Jerman.

Seluruh bahan makanan menempuh jarak kurang lebih 2.700 kilometer melalui jalan darat, dengan 86% dari jarak tersebut dilalui menggunakan truk listrik tanpa emisi buang. Sisa perjalanan dilakukan oleh truk yang menggunakan bahan bakar terbarukan.

“Kampanye ini sangat cocok dengan karakter merek Volvo — membuat konsep keberlanjutan dalam bisnis transportasi menjadi lebih mudah dipahami dan relevan dengan menghubungkannya pada hidangan restoran — sesuatu yang bisa dirasakan oleh semua orang,” kata Katarina Adamson, Head of Global Brand & Communication di Volvo Trucks.
“Tujuan kami adalah menjangkau para pembeli jasa transportasi di industri makanan dan minuman, karena keputusan dan tuntutan mereka dapat sangat memengaruhi arah dan kecepatan transisi menuju solusi transportasi yang berkelanjutan.”

 

Tantangan ini menjadi kolaborasi tim secara menyeluruh, melibatkan berbagai perusahaan makanan dan minuman, petani, serta penyedia jasa transportasi — yang semuanya diundang untuk menikmati jamuan makan malam di sebuah restoran lokal di Gothenburg, Swedia.

 

Tentang Marcus Samuelsson

 

Marcus Samuelsson adalah tokoh di balik banyak restoran internasional, termasuk Red Rooster Harlem yang terkenal di New York City (tempat ia juga pernah menyajikan hidangan untuk Presiden Barack Obama). Ia juga merupakan bintang televisi peraih penghargaan Emmy, penulis buku, dan aktif dalam berbagai kegiatan filantropi. Dalam kampanye ini, Marcus menerima tantangan untuk menciptakan jamuan makan malam kelas dunia dengan semua bahan yang diangkut menggunakan truk listrik atau truk berbahan bakar terbarukan.

 

5.000 Truk Listrik Telah Dikirimkan

 

Volvo Trucks adalah pemimpin global dalam transportasi listrik, dengan lebih dari 5.000 unit truk listrik yang telah terjual ke pelanggan di 50 negara. Rangkaian truk listrik Volvo saat ini mencakup 8 model, yang dirancang untuk memenuhi beragam kebutuhan transportasi, termasuk distribusi dalam kota dan regional, serta sektor konstruksi dan pengangkutan sampah. Pada tahun 2024, Volvo meraih pangsa pasar 47% di Eropa (untuk truk berat di atas 16 ton) dan juga menjadi pemimpin di pasar kendaraan listrik di Amerika Utara.

 

Strategi Tiga Jalur Volvo Menuju Nol Emisi

 

Volvo Trucks memimpin upaya dekarbonisasi transportasi untuk mencapai target nol emisi bersih pada tahun 2040 melalui strategi teknologi tiga jalur. Pendekatan ini mencakup:

  • Truk listrik bertenaga baterai

  • Truk listrik berbasis sel bahan bakar hidrogen

  • Mesin pembakaran internal yang menggunakan bahan bakar terbarukan seperti hidrogen hijau (yang dihasilkan dari pemisahan air menggunakan listrik terbarukan), biogas (Bio-LNG), biodiesel, dan HVO (hydrotreated vegetable oil).

     

* Sumber: Li, M., Jia, N., Lenzen, M. et al. Global food-miles account for nearly 20% of total food-systems emissions. Nat Food 3, 445–453 (2022). DOI

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

Yellysda Muchlis

Manager Volvo Trucks India & Indonesia

yellysda.muchlis@volvo.com

PT Volvo Indonesia

 

Tentang Volvo Trucks

 

Volvo Trucks menyediakan solusi transportasi lengkap bagi pelanggan profesional yang cermat dengan berbagai truk kelas menengah dan berat. Dukungan pelanggan diberikan melalui jaringan global dealer dengan 2.200 titik layanan di sekitar 130 negara. Truk Volvo dirakit di 12 negara di seluruh dunia. Pada tahun 2023, sekitar 145.000 truk Volvo telah dikirim ke seluruh dunia. Volvo Trucks adalah bagian dari Volvo Group, salah satu produsen truk, bus, peralatan konstruksi, serta mesin kelautan dan industri terkemuka di dunia. Grup ini juga menyediakan solusi lengkap untuk pembiayaan dan layanan. Pekerjaan Volvo Trucks didasarkan pada nilai-nilai inti yaitu kualitas, keselamatan, dan kepedulian terhadap lingkungan.