Elektromobilitas merupakan area yang masih menimbulkan beberapa pertanyaan. Misalnya mengenai dampak lingkungan, pengisian daya, dan jangkauan. Di bawah ini akan ditemukan pertanyaan yang sering diajukan dan jawaban kami, diurutkan ke dalam tiga kategori.
Elektromobilitas mengacu pada kendaraan – termasuk mobil, bus, kereta api dan truk – yang sepenuhnya atau sebagian ditenagai oleh listrik, memiliki sarana untuk menyimpan energi di dalamnya dan biasanya disuplai melalui jaringan listrik. Jenis utama kendaraan dengan penerus tenaga adalah BEV (battery electric vehicle, kendaraan listrik baterai), namun ada juga kendaraan listrik berbahan bakar hidrogen yang disebut kendaraan listrik sel bahan bakar (FCEV, fuel cell electric vehicle). Elektromobilitas juga mencakup infrastruktur pengisian daya dan layanan dukungan untuk perencanaan jangkauan dan rute serta fungsi lainnya.
Banyak perusahaan yang merumuskan tujuan CO2 yang ambisius untuk mematuhi perjanjian Paris, dan truk listrik adalah salah satu cara untuk mencapai tujuan tersebut. Peraturan emisi karbon yang lebih ketat tentunya juga mendorong teknologi ini, serta keinginan untuk mendapatkan kualitas udara yang lebih baik dan mengurangi kebisingan, terutama di wilayah perkotaan besar. Pendorong penting lainnya adalah efisiensi transportasi. Truk listrik dapat melakukan pengiriman pada malam hari dan di luar jam sibuk serta dapat mengakses lebih banyak lokasi dibandingkan truk diesel, termasuk di dalam gedung.
Kendaraan listrik baterai (BEV) menggunakan energi yang disimpan dalam baterai yang diisi listrik dari jaringan. Kendaraan listrik yang menggunakan teknologi sel bahan bakar (FCEV) diberi energi hidrogen yang diubah menjadi listrik saat kendaraan dikemudikan.
Dampak lingkungan dari truk listrik sangat rendah ketika truk tersebut digunakan, namun sedikit lebih tinggi selama produksi. Namun, karena truk memiliki tingkat penggunaan yang tinggi, hal ini dapat dikompensasi dengan cepat. Penerus tenaga listrik lebih hemat energi dan memiliki dampak lingkungan paling rendah bila menggunakan listrik dari sumber terbarukan.
Kendaraan listrik menghasilkan emisi knalpot nol dan lebih sedikit kebisingan dibandingkan kendaraan bermesin pembakaran. Namun, emisi dilepaskan selama produksi dan saat berkendara dari ban, rem, keausan jalan, dll.
Untuk menjawabnya, Anda perlu melihat total siklus hidup kendaraan termasuk bahan mentah, produksi, dan penggunaan. Truk listrik mengeluarkan lebih banyak CO2 selama produksi, namun umumnya jauh lebih sedikit saat digunakan. Namun, bauran energi lokal – misalnya ketersediaan batu bara versus energi angin atau matahari – memiliki pengaruh yang signifikan terhadap dampak kendaraan secara keseluruhan. Untuk informasi lebih lanjut dan penghitungan yang tepat, lihat kalkulator jejak lingkungan Volvo Trucks.
Ya, sekitar 90% dampak lingkungan dari siklus hidup truk diesel tradisional berasal dari penggunaan. Truk yang menggunakan listrik dari sumber terbarukan memiliki dampak penggunaan yang jauh lebih rendah. Di Volvo, kami bekerja keras untuk memastikan bahwa bahan mentah diekstraksi menggunakan metode berkelanjutan dan baterai diproduksi dengan dampak minimal terhadap iklim. Untuk informasi lebih lanjut dan penghitungan yang tepat, lihat kalkulator jejak lingkungan Volvo Trucks.
Kami mewajibkan semua pemasok kami dan pemasoknya untuk mengikuti nilai-nilai kami sehubungan dengan penghormatan terhadap hak asasi manusia, lingkungan, dan etika bisnis.
Baterai lithium-ion mengandung bahan langka tertentu seperti logam berat dan logam tanah langka. Beberapa bahan langka yang dapat ditemukan pada baterai lithium-ion dan komponen elektromobilitas lainnya terkadang berasal dari sumber yang menguntungkan kelompok bersenjata di daerah asalnya baik secara langsung maupun tidak langsung. Seringkali bahan-bahan ini disebut sebagai mineral konflik. Volvo Trucks sedang menilai seluruh rantai pasokannya untuk memastikan bahwa semua tantalum, tungsten, telurium, emas, dan kobalt yang digunakan dalam baterai truknya berasal dari sumber nonkonflik.
Sejauh ini jumlah baterai yang habis masa pakainya cukup rendah, namun seiring dengan percepatan produksi truk listrik, kebutuhan akan aliran daur ulang dan penggunaan kembali akan meningkat. Untuk bersiap menghadapi hal ini, Volvo Trucks bekerja sama dengan kontraktor limbah dan pihak lain untuk memaksimalkan tingkat daur ulang baterai listrik. Kami juga mempelajari opsi penggunaan kedua baterai lama guna menemukan cara untuk memperpanjang masa pakainya dalam aplikasi lain, seperti penyimpanan energi di gedung.
Kami mengambil pendekatan holistik terhadap seluruh siklus hidup serta rantai pasokan, termasuk pemasok, material, logistik, manufaktur, dan daur ulang. Ini mencakup bagaimana driveline dan baterai diproduksi serta bahan apa yang digunakan.
Hal ini sangat bervariasi dari satu negara ke negara lain. Namun secara umum ketersediaan energi dari sumber terbarukan berkembang pesat dan energi ini seringkali lebih hemat biaya dibandingkan bahan bakar fosil. Untuk informasi lebih lanjut terkait bauran energi UE, lihat kalkulator jejak lingkungan Volvo Trucks.
Kami yakin bahwa pada tahun 2030, 50% dari seluruh truk Volvo yang dijual di Eropa akan menggunakan listrik, baik menggunakan teknologi baterai atau sel bahan bakar.
Dari sudut pandang industri, strategi ini bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan tentang bagaimana menggunakan teknologi dengan cara yang paling efisien, dengan mengoptimalkan rute, penggunaan energi baterai, jadwal servis dan ketersediaan truk. Dari sudut pandang masyarakat, transisi harus didorong melalui insentif dan membantu menyediakan infrastruktur pengisian daya dan kapasitas jaringan untuk mendukung sejumlah besar kendaraan. Faktor utamanya adalah perlunya transportasi berkelanjutan. Hal ini akan tetap menjadi kekuatan pendorong transisi di masa mendatang.
Kendaraan listrik memerlukan energi yang besar pada saat pengisian daya. Salah satu cara untuk mengelola hal ini adalah dengan mendorong pengguna untuk mengisi daya kendaraan mereka semalaman dan menyebarkan serta menyeimbangkan permintaan melalui jaringan besar dan jaringan lokal dengan cara yang cerdas. Investasi besar kini sedang dilakukan – dan sangat dibutuhkan – dalam mengembangkan infrastruktur dan membangun lebih banyak stasiun pengisian daya. Awalnya, sebagian besar truk perlu mengisi daya di pangkalannya. Di Volvo kami menekankan perlunya pemerintah memberikan insentif untuk pemasangan stasiun pengisian daya umum berkapasitas tinggi dan ruang yang cukup untuk truk.
Kami mengikuti dengan cermat perkembangan teknologi daur ulang dan berpartisipasi dalam beberapa proyek di mana baterai kendaraan listrik (EV) dipindahkan ke aplikasi lain, seperti penyimpanan dalam sistem energi surya, setelah baterai mencapai batas kapasitas operasionalnya.
Karena truk listrik tidak menghasilkan gas buang, truk ini dapat melakukan pengiriman di zona nol emisi. Selain itu, kendaraan ini lebih senyap, yang berarti dapat beroperasi di perkotaan pada malam hari ketika kendaraan berat lainnya tidak diperbolehkan. Hasilnya, truk listrik dapat meningkatkan efisiensi suatu bisnis. Truk dapat berada di jalan ketika kemacetan berkurang dan melakukan pengiriman lebih cepat dan mudah. Truk listrik juga meningkatkan produktivitas, karena truk dapat melakukan lebih banyak perjalanan pada saat lalu lintas lebih sedikit dan lebih dekat ke titik pengiriman akhir karena pengoperasiannya yang senyap.
Kami telah memasok truk listrik tugas sedang untuk distribusi dan operasi pengumpulan sampah. Truk tersebut adalah Volvo FL Electric dan FE Electric di Eropa dan Volvo VNR Electric di AS. Pada tahun 2021, kami akan mulai menjual truk heavy-duty listrik Volvo FH, Volvo FM, dan Volvo FMX, yang akan digunakan untuk transportasi regional dan operasi konstruksi perkotaan di Eropa.
Kami memiliki alat simulasi canggih berdasarkan pada pengalaman kami selama beberapa tahun menggunakan kendaraan listrik dalam operasi komersial. Nilai truk heavy-duty kami didasarkan pada siklus pengemudian distribusi regional dengan traktor Volvo FH 4x2 dengan rata-rata GCW (gross combination weight, berat kombinasi bruto) sebesar 35 ton. Truk heavy-duty kami dapat memiliki berat kombinasi bruto hingga 44 ton.
Saat kami memasok truk, kami menilai rute dengan hati-hati bersama pelanggan dan menghitung di mana pengisian daya akan diperlukan untuk memenuhi kebutuhan transportasi. Volvo terus menyelidiki opsi dan kolaborasi baru terkait pengisian daya kendaraan kami.
Awalnya kami yakin bahwa sebagian besar truk akan mengisi daya di pangkalan pelanggan semalaman. Ketika kendaraan listrik menjadi lebih umum, akan ada kebutuhan dan peluang untuk mengisi dayanya di banyak tempat berbeda, seperti tempat pemuatan, bengkel servis, halte truk, dan tempat lain di mana truk diparkir.
Truk heavy-duty kami dapat diisi dayanya dengan pengisi daya AC (misalnya kotak pengisi daya) hingga 43 kW dan dengan sistem DC (stasiun pengisian daya stasioner) yang berkapasitas 250 kW.
Menggunakan pengisi daya AC memerlukan waktu sekitar 9 jam untuk mengisi penuh baterai. Dengan pengisi daya DC, waktu pengisian daya berkurang menjadi sekitar 2 jam. Baterai dapat diisi lebih cepat hingga kapasitas 80%, sama seperti smartphone, karena pengisi daya melambat menjelang akhir proses untuk melindungi sel baterai.
Saat ini, truk listrik kami menawarkan jangkauan hingga 300 km. Namun, jangkauannya sangat bergantung pada kondisi eksternal seperti cuaca dan hambatan angin, serta bobot truk dan gaya mengemudi pengemudi. Jangkauan dan masa pakai dapat diperpanjang dengan menggunakan mode berkendara ekonomis, melatih pengemudi, dan mengikuti petunjuk pengisian dan pengelolaan baterai dengan cermat. Kami mencermati keadaan setiap pelanggan dan menyusun kemungkinan rute serta strategi pengisian daya. Pelanggan dapat menggunakan alat digital untuk melacak dan merencanakan penggunaan truk sehingga pola pengisian daya dapat ditingkatkan seiring waktu.
Metode tercepat adalah pengisian DC hingga 250 kW, yaitu waktu pengisian dari kosong hingga terisi penuh sekitar 2 jam.
Pengemudi dapat melacak status pengisian daya pada instrument cluster truk. Status juga dapat dipantau dari jarak jauh melalui portal Volvo Connect yang menunjukkan lokasi truk dan status pengisian daya saat ini dalam berbagai tampilan. Aplikasi MyTruck Volvo juga memiliki fungsi pemantauan pengisian daya dan serangkaian fungsi berguna lainnya untuk truk listrik.
Portal Volvo Connect memiliki fungsi Perencanaan Rute & Jangkauan yang memungkinkan pelanggan merencanakan rute dan membaginya dengan pengemudi melalui instrument cluster truk. Hal ini memudahkan penghitungan jangkauan dan memberikan opsi untuk melakukan lebih banyak pengiriman berdasarkan status pengisian daya.
Kontrak servis Volvo untuk truk listrik mencakup pemantauan baterai untuk memastikan baterai tetap mempertahankan kapasitasnya selama masa pakainya. Kontrak tersebut juga menjamin fungsi baterai melebihi garansi driveline selama dua tahun yang disertakan dengan truk.
Truk listrik Volvo memenuhi standar keselamatan tabrakan yang tinggi seperti truk kami yang lain dan menawarkan sistem keselamatan yang sama seperti model diesel. Selain itu, skenario kecelakaan khusus telah ditambahkan pada truk listrik untuk memverifikasi ketahanan terhadap tabrakan pemasangan baterai dan komponen listrik lainnya. Selain itu, kami telah berupaya semaksimal mungkin untuk merancang sistem kelistrikan 600 volt pada truk agar aman saat truk digunakan dan saat diservis.
Pengguna biasanya mempelajari cara kerja truk dan dengan cepat merasa yakin dengan jangkauannya. Jika daya baterai turun hingga nol saat truk sedang dikemudikan, terdapat kapasitas energi cadangan tertentu yang tersedia yang akan membantu pengemudi mencapai tempat yang aman.
Kami menggunakan baterai lithium-ion. Truk listrik heavy-duty pada awalnya akan ditawarkan dengan 5 atau 6 paket baterai. Setiap paket baterai memiliki total energi 90 kWh, yang berarti total energi 450 kWh atau 540 kWh. Setiap baterai beratnya 505 kg.
Paket baterai dirakit di pabrik kami sendiri untuk memastikan kualitas tertinggi dan telah diuji sepenuhnya. Total masa pakai dapat bervariasi dan bergantung pada berbagai faktor seperti jumlah penggunaan, siklus mengemudi, pengisian daya, dll. Volvo terus memantau baterai dan menawarkan kontrak servis yang menjamin fungsinya.
Volvo sedang menyelidiki dan menawarkan solusi rekondisi, daur ulang, dan masa pakai kedua di mana baterai dapat digunakan untuk tujuan yang sangat berbeda.
Interval perawatannya kira-kira sama, namun servisnya berbeda dari driveline tradisional. Konsumsi suku cadang bergantung pada aplikasi transportasi, wilayah pengoperasian truk, dan banyak faktor lainnya. Truk-truk tersebut terhubung dan dapat melaporkan kondisi berbagai komponen sehingga servis dan pemeliharaan dapat diatur untuk meningkatkan waktu operasionalnya.
Seluruh dealer yang menjual truk listrik siap bertanggung jawab penuh terhadap sistem teknis dan fungsi truk. Banyak bengkel servis yang memiliki pengalaman luas dalam melayani bus listrik.
Kurva performa truk listrik berbeda dengan truk bermesin pembakaran. Misalnya, tenaga langsung terasa begitu Anda menginjak pedal gas. Fakta bahwa truk listrik memiliki gigi yang lebih sedikit juga memberikan pengalaman berkendara yang berbeda.
Truk listrik menghasilkan lebih sedikit getaran dan lebih sedikit kebisingan, sehingga menghasilkan pengalaman berkendara yang nyaman dan santai.
Hubungi dealer Volvo setempat dan daftarkan minat Anda.
Ekosistem terdiri dari semua perangkat keras, layanan, dan orang-orang, misalnya, yang bertanggung jawab memantau dan menjaga fungsi dan jangkauan truk serta memastikan bahwa pelanggan dapat melakukan pengiriman dengan andal. Hal ini mencakup bidang-bidang seperti pengisian daya, perencanaan servis, dan diagnostik jarak jauh untuk truk serta layanan perangkat lunak untuk mengoptimalkan rute dan jangkauan.
Kami mengirimkan truk listrik pertama kepada pelanggan pada tahun 2018, namun kami mulai menjual truk hibrida yang menggunakan kombinasi listrik dan bahan bakar lainnya jauh sebelum itu. Bagian lain dari Volvo Group, khususnya Volvo Buses, memiliki pengalaman luas dalam kendaraan listrik.
Truk listrik kami berbagi platform dengan driveline kami yang lain dan memenuhi standar kualitas tinggi yang sama. Staf Volvo yang sangat terlatih akan membantu pelanggan mengonfigurasi truk untuk memenuhi kebutuhan spesifik mereka dan akan memberikan dukungan ahli saat truk beroperasi. Baterai dan kondisi keseluruhan truk terus dipantau agar tindakan apa pun yang perlu diambil pada kunjungan servis berikutnya dapat diidentifikasi tepat waktu.
Solusi pengisian daya yang efisien adalah kunci untuk dapat menggunakan truk listrik seefektif mungkin. Kami akan mendukung pelanggan kami dengan memberikan keahlian, bimbingan dan solusi lengkap. Detail lebih lanjut tentang berbagai penawaran akan disajikan pada tahun 2021.
Pengisian DC menggunakan CCS2 hingga 250 kW (600-750V) dan pengisian AC menggunakan tipe 2 hingga 43 kW.
Rendahnya tingkat CO2, emisi partikel, dan kebisingan memungkinkan pengangkutan barang di zona nol emisi pada saat truk dengan driveline tradisional umumnya tidak dapat digunakan. Hal ini memungkinkan pengiriman lebih banyak dan lebih cepat dalam satu shift. Ditambah dengan kurangnya asap knalpot, hal ini menghasilkan kondisi kerja yang lebih baik bagi pengemudi dan dampak lingkungan yang lebih rendah. Selain itu, barang dapat dikirim di dalam gedung. Pengalaman mengendarai truk listrik juga lebih positif karena tingkat getaran yang lebih rendah dan respons akselerasi yang lebih cepat.
Truk yang sepenuhnya bertenaga listrik ideal untuk mengangkut barang di dalam dan sekitar kota melalui rute yang telah ditentukan termasuk kembali ke pangkalan di akhir hari kerja untuk mengisi daya.
Distribusi, pembangunan perkotaan, dan pengumpulan sampah (seringkali dilakukan oleh pemerintah kota) adalah contoh segmen yang merupakan pengguna awal truk listrik. Namun kapasitas truk heavy-duty Volvo kini juga memungkinkan pengangkutan barang antarkota.
Elektrifikasi, dalam bentuk kendaraan baterai listrik dan sel bahan bakar, akan dimungkinkan di lebih banyak segmen. Saat ini, pengecualian utama adalah transportasi pengangkutan jarak jauh, karena kurangnya infrastruktur pengisian daya, dan aplikasi transportasi berat di industri perkayuan, konstruksi, dan pertambangan.
Awalnya truk listrik akan memerlukan investasi lebih tinggi dibandingkan model diesel setara. Namun, kita berada dalam fase transisi antara bahan bakar fosil dan solusi transportasi berkelanjutan jangka panjang dan biaya teknologi baru diperkirakan akan turun seiring berjalannya waktu karena peningkatan skala ekonomi.
Perusahaan pengangkutan besar khususnya mulai merasakan tekanan dari pembeli transportasi mereka dan konsumen akhir untuk menawarkan solusi transportasi berkelanjutan. Semakin banyak perusahaan yang ingin mengurangi emisi CO2 mereka dan berkontribusi terhadap masyarakat yang lebih berkelanjutan. Peluang bisnis baru kini tersedia bagi perusahaan yang ingin dapat mengangkut barang ke lokasi dan waktu yang tidak dapat dilakukan dengan truk berbahan bakar fosil. Semakin banyak kota yang memperkenalkan zona nol emisi di mana hanya kendaraan listrik yang diperbolehkan. Pajak, yang akan mendukung transisi menuju masyarakat yang lebih netral CO2, juga menjadi pembahasan.
Semua solusi pembayaran yang ada akan tersedia untuk kendaraan listrik kami: pembayaran tunai, sewa, dan penyewaan. Ini akan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pelanggan.
Truk listrik Volvo FL dan FE tugas menengah serta Volvo VNR Amerika Utara tersedia untuk dipesan. Silakan hubungi perwakilan Volvo Trucks setempat Anda untuk informasi lebih lanjut. Truk listrik heavy-duty Eropa kami akan ditawarkan mulai tahun 2021. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang produk ini, silakan ikuti link ini.
Awal produksi truk heavy-duty Volvo FM, FMX dan FH Eropa direncanakan pada tahun 2022. Truk listrik tugas sedang Volvo FL dan FE dan Volvo VNR Amerika Utara sudah berada dalam produksi volume. Silakan hubungi perwakilan Volvo Trucks Anda untuk informasi lebih lanjut.
Waktu pengembalian modal sangat bergantung pada segmen dan pasar. Truk listrik juga bisa membuka peluang bisnis baru. Kelangsungan ekonominya akan meningkat seiring berjalannya waktu dengan skala ekonomi dan kematangan berbagai segmen. Misalnya, insentif dan peraturan membuat penggunaan truk listrik untuk distribusi dalam kota dan pengumpulan sampah menjadi lebih menarik. Biaya variabel yang rendah akan menghasilkan profitabilitas yang lebih besar jika semakin banyak truk digunakan. Setelah investasi awal yang tinggi terbayar, biaya variabel yang rendah dari truk listrik akan berdampak positif pada profitabilitas.
Profitabilitas sangat tergantung pada jenis transportasi. Truk listrik memiliki biaya awal yang lebih tinggi namun juga menawarkan peluang baru bagi perusahaan pengangkutan untuk meningkatkan produktivitas dan membuka area bisnis baru. Misalnya, mereka dapat beroperasi di luar jam sibuk dan memenuhi kebutuhan pemerintah kota dan pelanggan lainnya dengan lebih efektif dibandingkan pesaing mereka. Biaya variabel yang rendah akan menghasilkan profitabilitas yang lebih besar jika semakin banyak truk digunakan. Setelah investasi awal yang tinggi terbayar, truk listrik memiliki biaya variabel rendah yang juga berdampak positif pada profitabilitas.
Silakan hubungi penyedia energi lokal Anda untuk mempelajari lebih lanjut tentang opsi yang tersedia.
Truk listrik idealnya harus diisi dayanya semalaman di pangkalan untuk meminimalkan biaya energi. Selain itu, Anda harus merencanakan rute dengan cermat untuk memanfaatkan kapasitas energi yang tersedia sebaik-baiknya. Jika tidak, pertimbangan yang sama berlaku untuk jenis truk lainnya. Anda harus memastikan bahwa kendaraan dikonfigurasikan untuk pekerjaan tersebut dan juga mengemudi secara ekonomis serta membuat rencana perawatan untuk memastikan kinerja dan ketersediaan terbaik.
Truk listrik Volvo FL dan FE tugas menengah serta Volvo VNR Amerika Utara tersedia untuk dipesan. Silakan hubungi perwakilan Volvo Trucks setempat Anda untuk informasi lebih lanjut. Truk listrik heavy-duty Eropa kami akan ditawarkan mulai tahun 2021. Untuk pertanyaan mengenai produk ini, silakan ikuti link ini.
Sebagian besar negara UE menawarkan semacam insentif untuk mempromosikan penggunaan teknologi yang lebih ramah lingkungan, seperti truk listrik. Silakan hubungi perwakilan Volvo Trucks setempat di negara Anda untuk informasi lebih lanjut.
Biaya energi sangat bervariasi antarnegara. Biasanya lebih murah untuk mengisi daya truk semalaman dan di pangkalan Anda. Silakan hubungi pemasok energi lokal untuk menemukan solusi terbaik baik dari sudut pandang finansial dan lingkungan.
BEV – kendaraan listrik baterai – kemungkinan besar akan menyediakan sebagian besar transportasi perkotaan dan regional di masa depan, karena keuntungan finansial dan lingkungannya. Dapat dikatakan bahwa mobilitas listrik hadir untuk tetap ada. Teknologi ini telah terbukti baik pada bus, mobil, dan mesin lainnya. Pandangan luas dalam industri transportasi adalah bahwa truk listrik bertenaga baterai dan truk listrik hidrogen untuk jarak yang lebih jauh akan memainkan peran penting dalam transisi menuju masa depan bebas fosil.
Ya, kami akan terus menawarkan rangkaian jenis driveline yang berbeda dan akan menyarankan solusi yang paling sesuai untuk setiap pelanggan dan lokasi geografis. Kami akan memasok campuran truk bermesin pembakaran yang semakin hemat bahan bakar, truk bertenaga gas, serta truk yang sepenuhnya bertenaga listrik dan sel bahan bakar.
Kami menawarkan truk listrik dengan Gold Contract, yang berarti biaya perawatan akan dimasukkan dalam total biaya kepemilikan. Kami akan memastikan total biaya kepemilikan yang kompetitif.
Hal ini tergantung pada aplikasi dan spesifikasi kendaraan. Baterai menambah berat ekstra dan untuk membantu mengimbanginya, UE mengizinkan tambahan GCW hingga 1 ton. Keputusan dan pelaksanaannya akan diserahkan pada masing-masing negara.
Secara umum, untuk dapat membuat perbandingan perlu melihat total biaya kepemilikan. Truk listrik juga sering menawarkan peluang bisnis baru karena truk ini dapat mengangkut barang ke lokasi dan waktu yang tidak dapat dilakukan oleh truk berbahan bakar fosil. Semakin banyak kota yang memperkenalkan zona nol emisi di mana hanya kendaraan listrik yang diperbolehkan. Peralihan ke truk listrik berarti investasi awal yang lebih tinggi bagi perusahaan transportasi, diikuti dengan biaya operasional yang jauh lebih rendah. Kesesuaian solusi harus dianalisis bersama dengan pelanggan lokal. Selain itu, kami yakin investasi awal akan mulai turun seiring dengan peningkatan volume dan penurunan biaya baterai seiring berjalannya waktu.
Kami memulai produksi Volvo FL Electric dan Volvo FE Electric di Eropa pada tahun 2019 dan penjualan Volvo VNR di Amerika Utara pada akhir tahun 2020. Penjualan model heavy-duty Eropa akan dimulai pada tahun 2021 dan produksi volume akan dimulai pada tahun 2022.