Truk

Spesifikasi Volvo FM

Semua yang perlu Anda ketahui tentang Volvo FM, secara mendetail.

Powertrain

Temukan spesifikasi mesin, transmisi, gandar belakang (termasuk rasio), kombinasi powertrain, dan power take-off.

Listrik Heavy-Duty – daya/torsi

 

G13 – daya/torsi

Output bersih menurut: EC 582/2011

D11 – daya/torsi
 

Output bersih menurut: EC 582/2011

D13 – daya/torsi
 

Output bersih menurut: EC 582/2011

Listrik​

Volvo FM

Kinerja

Daya berkelanjutan hingga 330–490 kW (450–666 hp)

Jangkauan​

Jangkauan hingga 300 km

Waktu pengisian daya (pengisian penuh​)

9,5 jam dengan AC (43 kW) 2,5 jam dengan DC (250 kW)

Kapasitas baterai

180–540 kWh, 2–6 baterai

Driveline

2–3 motor listrik, gearbox I-Shift

  

Berbahan bakar gas​

G13

  

Standar emisi

Euro 6

  

Jumlah silinder​

6

  

Kapasitas

12,8 dm³

  

Stroke

158 mm

  

Bore

131 mm

  

Rasio kompresi

17.0:1  

Putaran mesin efisien

900–1400 r/min

  

Efek rem buang

200 kW 

  

Efek rem mesin*

380kW (2300 r/min)

  

Filter oli

2 aliran penuh

  

Volume ganti oli, termasuk filter

35 liter

  

Sistem pendinginan, total volume

38 liter

  
    

*pilihan

 

G13 420 hp (309 kW)

 

  
 

Daya maks. pada 1600–1700 r/min

420 hp

  
 

Torsi maks. pada 905–1400 r/min

2100 Nm

  
 

G13 460 hp (338 kW)

 

  
 

Daya maks. pada 1600–1700 r/min

460 hp

  
 

Torsi maks. pada 950–1400 r/min

2300 Nm

  
 

G13 500 hp (368 kW)

   
 

Daya maks. pada 1600-1700 r/min

500 hp

  
 

Torsi maks. pada 980-1404 r/min

2550 Nm

  
     

Diesel

D11

D13  

Standar emisi

Euro 6

Euro 6

 

Jumlah silinder​

6

6

 

Kapasitas

10,8 dm³

12,8 dm³

 

Stroke

152 mm

158 mm

 

Bore

123 mm

131 mm

 

Rasio kompresi

18.0:1

18.0:1

 

Putaran mesin efisien

1000–1500 r/min

900–1400 r/min

 

Efek rem buang

155 kW 

175 kW 

 

Efek rem mesin*

270 kW (2300 r/min)

340 kW (2300 r/min)

 

Filter oli

2 aliran penuh

2 aliran penuh

 

Volume ganti oli, termasuk filter

35 liter

35 liter

 

Sistem pendinginan, total volume

22 liter

24 liter

 
    

*pilihan

Prasyarat bahan bakar


Bahan bakar bebas belerang (EN590, belerang maks. 10 ppm) Biodiesel generasi 2 (EN15940, diesel sintetis) dengan kualitas otomotif Volvo FM berbahan bakar gas.

 

D11 330 hp (246 kW)

 

  
 

Daya maks. pada 1700 r/min

330 hp

  
 

Torsi maks. pada 877–1400 r/min

1600 Nm

  
 

D11 380 hp (279 kW)

 

  
 

Daya maks. pada 1700 r/min

380 hp

  
 

Torsi maks. pada 938–1400 r/min

1800 Nm

  
 

D11 430 hp (317 kW)

   
 

Daya maks. pada 1700 r/min

430 hp

  
 

Torsi maks. pada 1008–1400 r/min

2050 Nm

  
 

D11 460 hp (338 kW)

 

  
 

Daya maks. pada 1700 r/min

460 hp

  
 

Torsi maks. pada 1050–1400 r/min

2200 Nm

  
 

D13 420 hp (309 kW)

 

  
 

Daya maks. pada 1404–1700 r/min

420 hp

  
 

Torsi maks. pada 905–1400 r/min

2100 Nm

  
 

D13 460 hp (338 kW)

   
 

Daya maks. pada 1404–1700 r/min

460 hp

  
 

Torsi maks. pada 945–1400 r/min

2300 Nm

  
 

D13 500 hp (368 kW)

 

  
 

Daya maks. pada 1404–1700 r/min

500 hp

  
 

Torsi maks. pada 980–1400 r/min

2500 Nm

  
     

I-Shift

Splitter 12-kecepatan dan range gearbox dengan sistem perpindahan gigi otomatis. I-Shift dapat dipasang dengan compact retarder, power take-off, pompa power steering darurat, dan oil cooler. Anda juga dapat memesan I-Shift dengan roda gigi crawler, roda gigi crawler ultra-rendah, dan roda gigi mundur multikecepatan.

Tipe

Gigi atas

Torsi maks (Nm)

Persetujuan GCW (t)

AT2412

Direct

2400

44

AT2612

Direct

2600

100

ATO2612

Overdrive

2600

100

    

Spesifikasi I-Shift Dual Clutch

Tipe

Gigi atas

 Torsi maks (Nm)

Persetujuan GCW (t)

SPO2812

Overdrive

2800

80

    

Tipe

Gandar

Gigi

Torsi maks (Nm)

Beban gardan/bogie maks. (t)

Persetujuan GCW (t)

Reduksi tunggal

RSS1244

Solo

Hypoid

2800

13

44

RSS1344C/E

Solo

Hypoid

2600

13

44

RSS1352A

Solo

Hypoid

2800

13

52

RSS1370A/B

Solo

Hypoid

3800

13

70

RTS2370A

Tandem

Hypoid

3800

23

80

RTS2310

Tandem

Hypoid

3800

23

100

Reduksi hub

RSH1365

Solo

Potongan spiral kerucut

3800

13

65

RSH1370F

Solo

Potongan spiral kerucut

3800

13

70

RTH2610B/F

Tandem

Potongan spiral kerucut

3800

26

100

RTH3210

Tandem

Potongan spiral kerucut

3800

32

100

RTH3312

Tandem

Potongan spiral kerucut

3800

33

120

RTH3815*

Tandem

Potongan spiral kerucut

3800

38

150

      

 * Untuk Volvo FM 4x4.

Rasio gandar belakang

Gandar tunggal

RSS1244

RSS1344C/E

RSS1370A/B

RSH1370F

RSH1365*

2.06:1

2.06:1

2.47:1

3.46:1

3.61:1

2.17:1

2.17:1

2.64:1

3.61:1

3.76:1

2.31:1

2.31:1**

2.85:1

3.76:1

4.12:1

2.47:1

2.47:1**

3.08:1

4.12:1

4.55:1

2.64:1

2.47:1

3.40:1***

4.55:1

5.41:1

2.85:1

2.85:1

3.67:1***

5.41:1

 

3.08:1

3.08:1

4.11:1***

 

 

 

3.36:1

 

 

 

 

3.70:1

  

 

 

4.11:1

  

 

 

4.63:1

   
 

5.29:1

   
     

* Tersedia untuk Volvo FM 4x4

** Untuk RSS1344E

*** Untuk RSS1370B

Gandar tandem

RST2370A

RTS2310

RTH2610F

RTH3210

RTH3312

RTH3815

2.43:1

2.06:1

3.33:1

3.33:1

3.61:14.14:1
2.57:1

2.17:1

3.46:1

3.46:1

3.76:1

4.58:1

2.83:1

2.31:1

3.61:1

3.61:1

4.12:1

5.43:1

3.09:1

2.47:1

3.76:1

3.76:1

4.55:1

7.22:1

3.40:1

2.64:1

3.97:1

3.97:1

5.41:1

 

3.78:1

2.85:1

4.12:1

4.12:1

6.18:1

 

4.13:1

3.08:1

4.55:1

4.55:1

7.21:1

 

4.50:1

3.36:1

5.41:1

5.41:1

  

5.14:1

3.70:1

6.18:1

6.18:1

  

5.67:1

4.11:1

 

7.21:1

  

6.17:1

4.63:1

    
      

 

D11 330 hp

D11 370 hp

D11 410 hp

D11 450 hp

D13 420 hp

D13 460 hp

D13 500 hp

I-Shift

AT2412

AT2612

ATO2612

I-Shift Dual Clutch

SP02812

 

 

 

 

 

Gandar reduksi tunggal

RSS1244

RSS1344C/E

RSS1352A

RSS1370A/B

RTS2370A

RSS2310A

RSH1365

Gandar reduksi hub

RSH1370F

RTH2610F

RTH3210

RTH3312

RTH3815

        

 

G13 420hp

G13 460hp

G13 500hp

I-Shift

AT2412

 

AT2612

ATO2612

Gandar reduksi tunggal

RSS1244

RSS1344C/E

RSS1352A

 

RSS1370A/B

RTS2370A

 

RTS2310A

Gandar reduksi hub

RSH1370F

RTH2610F

    

 

Output torsi

Rasio 

EPTT350

350 Nm*

1.26:1

 

EPTT650

650 Nm*

1.26:1

 

EPTT1000

1000 Nm*

1.26:1

 
    

* Output torsi ketika berkendara dan berhenti.

Dipasang di mesin

PTER-DIN: Power take-off mesin yang dipasang di belakang untuk pengendalian langsung
pompa hidraulik.

PTER1400: Power take-off mesin yang dipasang di belakang dengan koneksi flensa untuk
pompa hidraulik.

PTER100: Power take-off mesin yang dipasang di belakang dengan koneksi flensa
untuk pompa hidraulik.

Power take-off yang bergantung pada kopling

PTR-F: Attachment flensa penghubung dan putaran mesin rendah atau putaran mesin tinggi.

PTR-FL/FH: Attachment flensa penghubung dan putaran mesin rendah atau putaran mesin tinggi.

PTR-D/PTR-DM/PTR-DH: Putaran mesin rendah/sedang/tinggi dengan koneksi DIN untuk attachment langsung dari pompa hidraulik.

PTRD-F: Putaran mesin tinggi dengan attachment flensa penghubung untuk poros propeller yang dipasang langsung.

PTRD-D: Putaran mesin tinggi dengan dua penggerak. Koneksi DIN depan dan belakang untuk attachment langsung dari pompa hidraulik.

PTRD-D1: Putaran mesin tinggi dengan dua penggerak. Attachment flensa penghubung di belakang dan attachment DIN di depan.

PTRD-D2: Putaran mesin tinggi dengan dua penggerak belakang dan satu penggerak depan. Dua attachment flensa penghubung di belakang dan satu attachment DIN di depan.    

Eksterior & Interior

Temukan spesifikasi pengukuran kabin, ketinggian kabin di atas permukaan tanah, dan fitur kabin.

Tersedia dua versi trim eksterior berbeda untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda.

Volvo FM with basic exterior trim level 

Dasar

Grille abu-abu dan gagang pintu. Lampu depan krom. Pelindung matahari abu-abu, penutup kaca spion, dan bumper.

Volvo FM with enhanced exterior trim level 

Disempurnakan

Grille abu-abu. Penutup kaca spion, gagang pintu, pelindung matahari, dan bumper berwarna sesuai kabin. Lampu depan krom.

Volvo FM tersedia dengan lima trim level interior berbeda untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda.

Volvo FM with textile trim dynamic, interior trim level 

Trim tekstil Dinamis

Interior tekstil dengan skema warna modern dan bahan tahan lama dalam berbagai corak abu-abu dan ungu.

Volvo FM with vinyl and textile trim robust, interior trim level 

Trim vinil dan tekstil Kokoh

Bahan tahan lama dari vinil dan tekstil dengan skema warna modern yang serasi dengan berbagai bagian trim interior.

Volvo FM with plush trim progressive, interior trim level 

Trim bahan berbulu Progresif

Trim interior bahan berbulu dengan tekstil lembut ini menawarkan skema warna modern dan serasi dengan berbagai bagian trim interior.

Volvo FM with leather trim robust, interior trim level 

Trim kulit Kokoh

Interior dengan bahan tahan lama dan tempat duduk berbahan kulit dua warna yang serasi dengan berbagai bagian trim interior.

Volvo FM with leather trim progressive, interior trim level 

Trim kulit Progresif

Interior dengan bahan tahan lama dan tempat duduk berbahan kulit dua warna yang serasi dengan berbagai bagian trim interior.

Volvo FM day cab with measurements, viewed from the side 

Kabin kerja

Kabin kerja (FM-DAY) dengan area pengemudi yang nyaman dan ergonomis. Tinggi interior 164 sentimeter: 120 sentimeter pada penutup kompartemen mesin.

Volvo FM low day cab with measurements, viewed from the side 

Kabin kerja rendah

Kabin kerja rendah (FM-LDAY) diperlukan untuk aplikasi seperti pertambangan, bodi berpendingin, pompa, dan crane. Tinggi interior 148 sentimeter: 104 sentimeter pada penutup kompartemen mesin.

Volvo FM sleeper cab with measurements, viewed from the side 

Kabin tidur

Kabin tidur (FM-SLP) dengan akomodasi semalam yang nyaman untuk satu orang. Tinggi interior 164 sentimeter: 120 sentimeter pada penutup kompartemen mesin.

Volvo FM low sleeper cab with measurements, viewed from the side 

Kabin tidur rendah

Kabin tidur rendah (FM-LSLP) dengan atap diturunkan memberikan ruang muatan tambahan di atas kabin. Tinggi interior 148 sentimeter: 104 sentimeter di atas kompartemen mesin.

Volvo FM globetrotter cab with measurements, viewed from the side 

Kabin Globetrotter

Kabin Globetrotter (FM-HSLP) menawarkan akomodasi semalam yang nyaman untuk dua orang. Kabin memiliki ruang penyimpanan ekstra yang lebih tinggi. Tinggi interior 201 sentimeter: 157 sentimeter pada penutup kompartemen mesin.

Volvo FM crew cab with measurements, viewed from the side 

Kabin kru

Kabin kru dengan ruang yang luas untuk mengakomodasi hingga 7 orang penumpang tambahan. Tinggi interior 1.590 milimeter.

Suspensi kabin empat titik

Pilih pegas koil dengan peredam, pegas koil di depan dan suspensi udara di belakang, atau suspensi udara serbaguna.

 

Saluran masuk udara

Saluran masuk udara berada di sisi kiri dan tersedia dalam opsi penempatan tinggi atau rendah. Saluran masuk udara depan juga tersedia.

 

Warna Kabin

Tersedia sekitar 650 pilihan varian.

 

Tempat duduk pengemudi

Pilih dari tiga tingkat kenyamanan yang berbeda: Progresif (bahan berbulu atau kulit), Dinamis (tekstil), dan Kokoh (vinil). Cakupan penyesuaian total tempat duduk adalah 200 milimeter depan-belakang dan 100 milimeter secara vertikal. Tempat duduk pengemudi dipasang sebagai standar dengan penahan kepala, sandaran punggung yang dapat disetel dan dilipat, penyetel depan-belakang dan vertikal, penopang punggung yang dapat disetel, dan kemiringan tempat duduk yang dapat disetel.

 

Tempat duduk penumpang

Pilih dari tiga tingkat kenyamanan yang berbeda: Progresif (bahan berbulu atau kulit), Dinamis (tekstil), dan Kokoh (vinil). Dilengkapi sebagai fitur standar dengan penahan kepala.

 

Tempat tidur

Tempat tidur bawah berukuran 70×200 sentimeter, dan matras 16 sentimeter dengan pegas saku dan kenyamanan luar biasa. Tersedia 3 pilihan variasi: Lembut, Semi-keras, dan Keras. Tersedia dua jenis pelindung matras lapisan luar, yang meningkatkan kenyamanan dan membantu Anda menyiapkan tempat tidur dengan lebih mudah. Ukuran tempat tidur atas untuk Comfort: 70×190 sentimeter atau 60×190 sentimeter

Penyimpanan interior

Ruang di atas kaca depan berisi dua ruang penyimpanan dengan pintu gulung dan empat slot ISO, yang salah satunya digunakan untuk tachograph (dua slot ISO pada kabin rendah). Di bawah tempat tidur pada kabin tidur dan kabin Globetrotter, Anda akan menemukan dua ruang penyimpanan besar yang dapat diakses dari luar dan satu ruang penyimpanan besar (volume 44 liter) yang dapat diakses dengan mengangkat matras dan penutupnya; di bagian untuk tidur, Anda dapat menemukan dua tempat penyimpanan majalah dan benda kecil. Dasbor terdiri atas empat tempat penyimpanan terbuka, satu kotak penyimpanan kecil, satu penyimpanan slot DIN, bak air, dan tempat botol minum. Kabin kerja dapat dilengkapi penyimpanan 60 liter dengan bukaan jalousie untuk helm, kotak makan siang, dll.

 

Penyimpanan eksterior

Tempat penyimpanan yang dapat diakses dari sisi luar terdapat di belakang tempat duduk penumpang dan pengemudi.

 

Sunroof

Kabin dilengkapi sunroof yang dapat dibuka hingga 50 milimeter. Di bagian dalam, terdapat sunblind berlubang, yang juga berfungsi sebagai jaring serangga saat sunroof dibuka. Sunroof dapat dioperasikan secara manual atau elektrik (pilihan). Sunroof berbahan baja juga tersedia, yang ditujukan untuk lingkungan konstruksi atau penggunaan kasar.

 

Roda kemudi

Tersedia dalam dua ukuran berbeda, yakni diameter 450 mm atau 500 mm, tergantung pada spesifikasi truk Anda. Tinggi roda kemudi dapat disetel hingga 90 mm dan kemiringannya dapat disetel sekitar 28°. Dengan kemiringan kolom kemudi (pilihan), roda kemudi dapat disetel secara vertikal antara -5° hingga +15°, sehingga meningkatkan kenyamanan pengemudi. Roda kemudi tersedia dengan atau tanpa airbag. Kontrol yang terintegrasi di roda kemudi memberikan pengoperasian yang aman dan nyaman untuk cruise control, klakson, telepon, dan berbagai fungsi di Display Instrumen dan Display Samping.

 

Sistem AC

Dua sistem AC alternatif mencakup semua kebutuhan:

  • Penyejuk udara dengan kontrol manual (MCC).
  • Penyejuk udara dengan kontrol suhu otomatis (ECC/ECC2).

Sistem AC juga dapat dilengkapi dengan pemanas kabin dan mesin saat parkir.

Chassis

Temukan spesifikasi tinggi chassis, beban gandar depan maksimum, suspensi belakang, tinggi kopling, traktor, fitur chassis, dan rem.

X-Rendah (traktor)

sekitar 810 mm

Rendah

sekitar 850 mm

Sedang

sekitar 900 mm

Tinggi

sekitar 1.000 mm

X-Tinggi

sekitar 1.200 mm

  

 

Udara

Leaf

X-Rendah

8

-

Rendah

8

-

Sedang

10/20*

9

Tinggi

10/20*

10/20*

X-Tinggi

-

10/20*

   

*Dengan gandar depan ganda FAL20

Tipe

Gandar

Suspensi

Beban gandar/bogie

Reduksi

Gandar tag/pendorong

Solo

RAD-L90

4x2

Parabola/Multi-leaf

13 t

Tunggal/hub

 

RAD-GR

4x2

Udara

11,5/13 t

Tunggal/hub

 

RAD-G2

4x2

Udara (untuk konstruksi)

13 t

Hub

 

RAD-G4

4x2

Udara

12 t

Tunggal

 

Bogie

RADT-GR

6x2/8x2

Udara

19/20,5/22,5/23 t

Tunggal/hub

Gandar tag (fixed/steered/self-steered)

RAPD-GR

6x2

Udara

16/19/22 t

Tunggal/hub

Gandar pendorong (fixed/steered)

RAPD-G4

6x2

Udara

16t

Tunggal

Gandar pendorong (fixed)

RADD-G2

6×4/6x6/8x4/8x6 

Udara

21/23/26 t

Tunggal/hub

 

RADD-BR

6×4/8x4

Parabola

20/21 t

Tunggal/hub

 

RADD-TR1

6×4/8×4

Parabola/Multi-leaf

23/26 t

Tunggal/hub

 

RADD-TR2

6×4/8×4

Multi-leaf

26/32 t

Hub

 

RADD-TR3

6×4/8×4

Parabola

38 t

Hub

 

RADD-GR

6×4/8×4

Udara

17/21/23/26 t

Tunggal/hub

 

RADDT-GR

8×4/10x4

Udara

27/33/36 t

Tunggal/hub

Gandar tag (steered)

RAPDD-GR

8×4

Udara

27/30,5/32/35 t

Tunggal/hub

Gandar pendorong (steered)

RAPDT-GR

8×2

Udara

27/30/30,5/31,5/32 t

Tunggal/hub

Gandar pendorong (steered), Gandar tag (fixed/steered)

RADDT-G2

8×4/10x4/10x6

Udara

27/33/36 t

Tunggal/hub

Gandar tag (steered)

      

Towbar yang dipasang di tengah, di semi-bawah, dan di bawah pada trailer gandar tengah. Towbar dapat dipasang pada interval 25 milimeter.

Tangki bahan bakar

Tangki aluminium atau baja dengan volume 150 hingga 900 liter. Volume bahan bakar maksimum adalah 1.510 liter untuk traktor 4x2. Tangki gas berukuran 155 kg (375 liter), 205 kg (495 liter), dan 225 kg (545 liter). Untuk gandar depan ganda, tangki bahan bakar plastik EU6 berada di antara gandar depan.

Tangki AdBlue

Volume dari 32 hingga 112 liter. Pompa AdBlue diintegrasikan di modul tangki AdBlue. Plastik.

Rem

EBS (Electronically-controlled Brake System) menghadirkan respons, performa, dan karakteristik rem yang unggul, sekaligus memberikan akses ke berbagai fitur bermanfaat. EBS kini tersedia untuk rem cakram dan rem tromol Z-cam (untuk rangkaian konfigurasi gardan dan tinggi chassis tertentu). Tingkatkan sistem rem dengan menambahkan paket EBS Medium atau opsi tambahan apa pun. EBS adalah fitur standar pada semua spesifikasi.

 

EBS medium

Selain paket EBS Standard, EBS Medium menambahkan fitur berikut:

 

Kontrol status EBS 

Pemantauan status EBS via TEA2+ sistem elektronik kendaraan dan Volvo Tech Tool.

 

Penahan otomatis

Injak rem truk hingga berhenti total, dan Penahan Otomatis akan mempertahankan tekanan pengereman terakhir yang digunakan untuk menahan truk pada posisinya hingga pengemudi menekan akselerator.

 

Analisis keausan

Peringatan kampas rem – menghitung sisa jarak tempuh yang tersedia dengan kampas rem saat ini (hanya untuk rem cakram).

 

Pelepasan rem parkir otomatis

Rem parkir dilepas saat pengemudi menekan pedal akselerator dan gigi dipilih (hanya gearbox I-Shift).

 

 

Opsi tambahan:

Selain paket program, tersedia opsi berikut:

 

Stretch brake

Memungkinkan pengemudi untuk meminta pengereman pulsa trailer. Rem kemudian diaktifkan secara otomatis dan risiko jack-knifing diminimalkan.

 

ESC (Kontrol Stabilitas Elektronik)

Sistem stabilitas rem mengaktifkan rem secara terpisah pada setiap roda, sehingga memberikan stabilitas untuk seluruh kombinasi kendaraan dan menetralkan jack-knifing, rollover, dan trailer swing. ESC memenuhi peraturan Electronic Vehicle Stability Control, dan tersedia untuk kendaraan 2 dan 3, serta 4 dan 5 gardan.

 

Lampu rem darurat

Saat mengerem secara tiba-tiba pada kecepatan di atas 50 km/jam, lampu rem menyala empat kali per detik. 

 

Retarder hidraulik

Retarder kompak yang dipasang pada gearbox dengan efek maksimum 440 kW.

Volvo Dynamic Steering

Sistem kemudi aktif dengan overlay torsi. Menyalurkan lebih banyak gaya kemudi pada kecepatan rendah, mengurangi sentakan kemudi, dan mempertahankan roda kemudi lurus ke depan saat mengerem pada split friction. Roda kemudi dikembalikan secara otomatis ke posisi netral, baik ketika mengemudi maju ataupun mundur. Volvo Dynamic Steering kini tersedia untuk semua konfigurasi gandar, termasuk truk dengan gandar depan ganda. Sistem ini juga tersedia dalam kombinasi dengan suspensi depan individual.

Gandar pendorong
Tersedia dalam varian fixed dan steered aktif untuk traktor dan rigid. Beban gandar: 4,5, 7,5, atau 9 ton.


Gandar tag
Tersedia dalam beberapa konfigurasi–fixed dengan satu atau dua roda, self-steered atau steered aktif. Beban gandar: 7,5, 9,5 atau 10 ton.

Tandem Axle Lift

Memungkinkan gandar penggerak paling belakang pada tandem bogie dinonaktifkan dan dinaikkan untuk mengurangi konsumsi bahan bakar dan radius belok. Dengan menekan tombol di dasbor, pengemudi dapat menaikkan gandar saat truk tidak bermuatan. Saat truk bermuatan, gandar akan secara otomatis diturunkan dan diaktifkan. Tandem Axle Lift tersedia untuk konfigurasi 6×4 dan 8×4 (dengan tandem bogie) yang dilengkapi rem cakram.
 

Konfigurasi gandar Listrik 

Traktor: 4x2, 6x2, 6x4

Rigid: 4x2,6x2, 6x4, 8x2, 8x4

Semua gandar tersuspensi udara

Lembar data

Data - semua yang Anda perlukan. Unduh lembar data dalam format PDF untuk Volvo FM dari tautan berikut.

  • FM Rigid
  • FM Tractor
FM Tractor
FM Rigid

Fitur yang digambarkan mungkin bukan fitur standar atau tidak tersedia untuk semua level peralatan dan opsi powertrain.

Ada pertanyaan?

Dealer Volvo Trucks setempat akan memiliki jawabannya. Kunjungi, hubungi, atau minta mereka untuk datang menemui Anda.